Batu Saluran Kemih

Batu Saluran Kemih – Batu saluran kemih dibentuk di saluran kemih yang memiliki kaitan dengan gangguan aliran urine, gangguan metabolik, infeksi saluran kemih, dehidrasi dan kondisi lainnya yang belum terungkap secara pasti. Secara epidemiologi, penyakit batu saluran kemih dipengaruhi oleh 2 faktor yakni faktor instrinsik yang disebabkan oleh keadaan tubuh seseorang yang memungkinkan terserang penyakit batu saluran kemih dan faktor ekstrinsik yakni disebabkan oleh keadaan lingkungan sekitar tempat tinggal.

Batu Saluran Kemih

Batu Saluran Kemih

Penyakit Batu Saluran Kemih

Berikut ini uraian singkat dari faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik, yakni :

a. Faktor instrinsik yang dilihat dari :

  • Usia
    Penyakit batu saluran kemih umumnya terjadi pada usia 30-50 tahun
  • Jenis kelamin
    Penyakit batu saluran kemih ini 3 akli lebih besar menyerang kaum pria dibanding dengan wanita.
  • Hereditair
    Hereditair atau faktor keturunan yang juga memainkan dari semua jenis penyakit yang menjadi alasan suatu penyakit dapat diturunkan oleh orang tua ke anak.

b. Faktor Ekstrinsik

  • Asupan air
    Konsumsi air putih mineral yang kurang dari anjuran yang sebenarnya yakni 8-10 gelas perhari atau setara dengan 1-2 liter perhari atau lebih disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.
    Kurangnya asupan air dan tingginya kadar mineral kalsium pada air yang dikonsumsi dapat meningkatkan pembentukan batu saluran kemih.
  • Perubahan iklim dan temperatur suhu yang sering berubah.
    Seseorang yang tinggal di daerah yang beriklim panas dengan pancaran sinar matahari yang begitu panas sehingga membuat seseorang cepat mengalami dehidrasi atau kehausan tingkat tinggi dan peningkatan kebutuhan akan vitamin D3 (vitamin yang memicu peningkatan eksresi kalsium dan oksalat), sehingga pembentukan batu saluran kemih semakin cepat.
  • Sisi pekerjaan
    Mereka yang memiliki aktivitas dari sebuah pekerjaan yang dihabiskan dengan duduk didepan komputer namun kurang konsumsi air putih, membuat kerja ginjal semakin sempit dan susah dalam membuang racun menjadi air kemih dan pembuangan air kemih menjadi semakin sulit karena tidak ada pergerakan tubuh.
  • Letak geografi
    Mereka yang tinggal di daerah lebih tinggi yang lebih dikenal dengan daerah sabuk batu cenderung lebih banyak memunculkan kemungkinan terbentuknya batu saluran kemih.

Batu saluran kemih merupakan penyebab lazim hematuria dan nyeri abdomen panggul atau regio inguinal yang mengenai sekitar 4-5% populasi pada saat-saat tertentu dalam hidupnya. Dari jumlah ini, 50% akan menderita batu yang kedua lainnya dalam 5 tahun dan 60 % dalam 9 tahun. Perkembangan batu disebabkan oleh penurunan volume urine atau peningkatan ekskresi komponen yang membentuk batu. Batu dapat tersusun dari kalsium, oksalat, urat, sistin, xantin, fosfat atau semuanya. Batu terbentuk dalam pelvis ginjal dan ukurannya berkisar dai ukuran mikroskopik sampai keseluruhan pelvis ginjal.
Batu saluran kemih sering dijumpai di Indonesia. Salah satu penyulit batu saluran kemih memang infeksi saluran kemih. Disamping itu, jika batu menyumbat saluran kemih, dapat terjadi perubahan pada ginjal. Dinding ginjal (cortex) akan menipis dan fungsi ginjal mungkin akan terganggu.

Batu saluran kemih merupakan penyebab penting pada gagal ginjal di Indonesia, di samping penyakit kencing manis. Jika sudah terjadi gagal ginjal, pengobatan menjadi sulit dan mahal. Karena itu, sebaiknya batu pada saluran kemih dibuang agar tidak terjadi gangguan pada ginjal anda.

Pemicu Batu Saluran Kemih

Biasanya pada penderita penyakit batu saluran kemih maka akan ditemukan adanya suatu penyakit hipertensi dan juga penyakit kolesterol tinggi.

  1. Penyakit hipertensi
    Pada penderita penyakit darah tinggi hipertensi sekitar 83% yang mempunyai masalah perkapuran ginjal dan sedangkan pada mereka yang tidak mempunyai masalah hipertensi yang mempunyai jumlah perkapuran ginjal sebesar 52%. Hal ini biasanya diakibatkan karena adanya suatu aliran darah dibagian papilla ginjal dengan berbelok 180 dan juga aliran darah yang kemudian berubah dari aliran lamine r yang kemudian menjadi turbulensi. Pada penderita penyakit hipertensi aliran jenis turbulen ini akan berakibat dari adanya suatu pengendapan pada ion-ion kalsium papilla yang disebut jga sebagai perkapuran pada ginjal yang akan berubah menjadi batu.
  2. Kolesterol tinggi
    Adanya kolesterol tinggi di dalam darah kemudian akan disekresi lewat glomerulus ginjal dan kemudian tercampur ke dalam air kemih. Adanya suatu butiran dari kolesterol tadi kemudian akan merangsang suatu agregasi dengan tingkat kristal kalsium oksalat dan juga kalsim fosfat sehingga kemudian akan membentuk batu yang akan bermanifestasi secara klinis.

Dianggap dua proses yang juga turut terlibat dalam terjadinya kasus penyakit batu saluran kemih ini adalah sipersaturasi dan juga nukleasi. Supersaturasi yang terjadi ini jika substansi yang bisa menyusun batu yang ada di dalam jumlah besar yang ada di dalam urin, yakni adalah disaat volume urin dan juga kimia urin yang bisa menekan suatu pembentukan menjadi semakin menurun. Dan pada proses nukleasi, natrium hidrogen urat, asam urat serta kristal hidroksipatit yang kemudian akan membentuk suatu inti. Ion kalsium dan juga oksaklat dan kemudian akan merekat atau mengalami adhesi pada inti dan setelah itu membentuk suatu campuran batu. Kemudian proses ini disebut sebagau nukleasi heterogen. Analisis dari batu yang bisa terjadi dengan memadai akan membantu memahami sistem mekanisme dari patogenesis batu saluran kemih dan juga merupakan salah satu gejala awal dari suatu penilaian dan juga awal dari terapi pada penderita penyakit batu saluran kemih.

Batu Saluran Kemih


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batu Saluran Kemih and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.